Sejarah

Sejarah

Penyelenggaraan pendidikan menjadi sangat penting dan strategis dalam menentukan masa depan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kota Samarinda. Untuk itu sejalan dengan peradigma baru penyelenggaraan otonomi daerah dengan tujuan memungkinkan daerah yang bersangkutan untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri berdasarkan perundang-undangan yang berlaku, maka setiap Kabupaten/Kota memiliki kewenangan untuk mengelola urusan pemerintahan di daerah atas prakarsa sendiri, termasuk di dalamnya pengelolaan penyelenggaraan di bidang pendidikan.

Seiring dengan perkembangan Kotamadya Samarinda sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 4 Tahun 2016, maka wilayah Samarinda dimekarkan menjadi 10 (sepuluh) kecamatan. Hal ini mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda yang sebelumnya memiliki 6 (enam) Kecamatan yang masing masing terdapat satu UPTD Pendidikan Cabang Kecamatan, yaitu:

1. UPTD Kecamatan Samarinda Ulu
2. UPTD Kecamatan Samarinda Ilir
3. UPTD Kecamatan Samarinda Utara
4. UPTD Kecamatan Samarinda Seberang

5. UPTD Kecamatan Palaran
6. UPTD Kecamatan Sungai Kunjang
7. UPTD Kecamatan Sungai Pinang
8. UPTD Kecamatan Sambutan

9. UPTD Kecamatan Loa Janan Ilir
10. UPTD Kecamatan Samarinda Kota
11. UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)
12. UPT Pusat layanan Autis

Berdasarkan Peraturan Walikota Samarinda Nomor 9 Tahun 2017 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Serta Tata Kerja Unit Pelaksana  Teknis pada Dinas dan Badan. Berdasarkan peraturan tersebut pada BAB II, pasal 2 menerangkan bahwa UPT pada Dinas Pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:

  1. UPT Pusat Layanan Autis
  2. UPT Satuan Pendidikan.

Berdasarkan Permendagri Nomor 12 Tahun 2017 tertang Penghapusan Unit Pelaksana Teknis Pendidikan, dan Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 4 Tahun 2016 dimana merupakan kewenangan Bupati / Walikota untuk menindak lanjuti penghapusan 10 ( sepuluh ) UPTD yang telah dibentuk. Maka pada awal Tahun 2018, UPTD dihapuskan / ditiadakan. Untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan sebagai dampak permasalahan tersebut khususnya masalah kepegawaian, maka Dinas Pendidikan Kota Samarinda membagi penempatan PNS dan Non PNS yang sebelumnya di UPTD ke Kantor Dinas Pendidikan Kota Samarinda dan beberapa instansi di Lingkungan Pemerintah Kota Samarinda. Pada Tahun 2011, Bulan Nopember, Kantor Dinas Pendidikan Kota Samarinda berpindah lokasi dari Jalan Dahlia No. 09, Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Ulu ke Kantor Baru Jalan Biola Nomor 4 A, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

Jl. Biola No. 4A, 75123 Samarinda
disdik.samarindakota@gmail.com
0541-742368
0821 2126 6622
Senin - Kamis: 07.30 - 16.00 WITA
Jumat: 08.00 - 11.00 WITA

Follow Us:

© Dinas Pendidikan Kota Samarinda 2019
Supported by: Metera-Mind
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram