VISI:
Pendidikan yang mewujudkan masyarakat bertaqwa, berkualitas, sejahtera, kompetitif dan berwawasan lingkungan

MISI:
1. Mengembangkan pendidikan informal, nonformal dan kebudayaan untuk menciptakan masyarakat yang kreatif dan produktif.

2. Meningkatkan pemerataan dan pelayanan pendidikan berkualitas dalam upaya percepatan penuntasan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun menuju wajib belajar pendidikan menengah 12 tahun dan responsive gender.

3. Mengembangkan dan meningkatkan mutu sekolah dan pelayanan pendidikan terhadap peserta didik yang memiliki bakat dan prestasi khusus untuk mendapatkan pengembangan secara optimal sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki IMTAQ, menguasai IPTEK, dan mampu bersaing dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan memasuki dunia usaha dan industri.

4. Memberikan kesempatan kepada sekolah untuk mandiri dalam berinisiatif, berkreasi, berinovasi, dan berproduktifitas disertai dengan peningkatan kesejahteraan bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

Penyelenggaraan pendidikan menjadi sangat penting dan strategis dalam menentukan masa depan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kota Samarinda. Untuk itu sejalan dengan peradigma baru penyelenggaraan otonomi daerah dengan tujuan memungkinkan daerah yang bersangkutan untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri berdasarkan perundang-undangan yang berlaku, maka setiap Kabupaten/Kota memiliki kewenangan untuk mengelola urusan pemerintahan di daerah atas prakarsa sendiri, termasuk di dalamnya pengelolaan penyelenggaraan di bidang pendidikan.

Seiring dengan perkembangan Kotamadya Samarinda sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 4 Tahun 2016, maka wilayah Samarinda dimekarkan menjadi 10 (sepuluh) kecamatan. Hal ini mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda yang sebelumnya memiliki 6 (enam) Kecamatan yang masing masing terdapat satu UPTD Pendidikan Cabang Kecamatan, yaitu:

1. UPTD Kecamatan Samarinda Ulu
2. UPTD Kecamatan Samarinda Ilir
3. UPTD Kecamatan Samarinda Utara
4. UPTD Kecamatan Samarinda Seberang
5. UPTD Kecamatan Palaran
6. UPTD Kecamatan Sungai Kunjang
7. UPTD Kecamatan Sungai Pinang
8. UPTD Kecamatan Sambutan
9. UPTD Kecamatan Loa Janan Ilir
10. UPTD Kecamatan Samarinda Kota
11. UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)
12. UPT Pusat layanan Autis

Berdasarkan Peraturan Walikota Samarinda Nomor 9 Tahun 2017 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Serta Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis pada Dinas dan Badan. Berdasarkan peraturan tersebut pada BAB II, pasal 2 menerangkan bahwa UPT pada Dinas Pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:

1. UPT Pusat Layanan Autis
2. UPT Satuan Pendidikan

Berdasarkan Permendagri Nomor 12 Tahun 2017 tertang Penghapusan Unit Pelaksana Teknis Pendidikan, dan Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 4 Tahun 2016 dimana merupakan kewenangan Bupati / Walikota untuk menindak lanjuti penghapusan 10 ( sepuluh ) UPTD yang telah dibentuk. Maka pada awal Tahun 2018, UPTD dihapuskan / ditiadakan. Untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan sebagai dampak permasalahan tersebut khususnya masalah kepegawaian, maka Dinas Pendidikan Kota Samarinda membagi penempatan PNS dan Non PNS yang sebelumnya di UPTD ke Kantor Dinas Pendidikan Kota Samarinda dan beberapa instansi di Lingkungan Pemerintah Kota Samarinda. Pada Tahun 2011, Bulan Nopember, Kantor Dinas Pendidikan Kota Samarinda berpindah lokasi dari Jalan Dahlia No. 09, Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Ulu ke Kantor Baru Jalan Biola Nomor 4 A, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Dr. H. Asli Nuryadin, S.Pd., M.M.
NIP: 19660307 198601 1 001

Maret 2019
Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda
Desember 2016
Kepala BAPPEDA Kota Samarinda
Juni 2014
Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda
Mei 2011
Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur
Mei 2010
Kepala Seksi Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Pendidikan SMP dan SMA, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur
Februari 2008
Kepala Seksi Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Pendidikan SMK dan Perguruan Tinggi, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur
Agustus 2007
Kepala Sub Bidang Kesiswaan SLTP dan SMU, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur
Januari 1987
Pengangkatan PNS
Januari 1986
Pengangkatan CPNS

Kepala Kantor Departemen Pendidikan
1975 – 1988: Syamsuddin, K. BA
1988 – 1994: Drs. Husinsjah
1994 – 2001: Drs. H. Suyatman

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
2001 – 2009: Dr. Mugni Baharuddin, SH, M. Hum
2009 – 2010: Prof. H. Abdur Rahim, M.M.Pd
2010 – 2012: Hari Murti W. S.
2012 – 2014: Drs. Ibnu Araby, M.M.Pd

Kepala Dinas Pendidikan
2014 – 2016: Dr. H. Asli Nuryadin, M.M.
2017 – 2019: Drs. H. Akhmad Hidayat, M.Si
2019 – 202x: Dr. H. Asli Nuryadin, M.M.

Butuh bantuan, Hubungi kami...