Launching Sekolah Berbasis IT di SDN 012 Samarinda Seberang

Launching Sekolah Berbasis IT di SDN 012 Samarinda Seberang

Samarinda sebagai ibu kota provinsi kalimantan timur masuk dalam percontohan sebagai kota pintar atau smart city. Sehingga sudah sepantasnya mengikuti perubahan zaman yang semakin cepat. Smart city merupakan pintu masuk dalam rangka perkembangan era digital yang harus disambut dengan baik. “kita harus berubah, karena smart city adalah kota yang pintar, cepat, inovasi, murah”.


Dalam sambutannya kepala dinas pendidikan kota samarinda drs. H. Akhmad Hidayat, M.Si yang dilaksanaka pada hari ini kamis tanggal 24 januari 2019 di SDN 012 Kec. Samarinda Seberang, semakin canggihnya teknologi yang sedang berkembang mau tidak mau membawa perubahan yang cukup signifikan di berbagai lintas sektor kehidupan, yakni dengan adanya “digitalitas sistem” mau tidak mau menuntut sekolah maupun gurunya untuk mampu dengan cepat beradaptasi dengan perubahan yang ada. Sistem pembelajaran yang semula berbasis pada tatap muka secara langsung di kelas, bukan tidak mungkin akan dapat digantikan dengan sistem pembelajaran yang terintegrasikan melalui jaringan internet (online learning).


Dari 10 kecamatan di kota samarinda baru samarinda seberang yang memiliki sekolah dasar negeri yang berbasis it yaitu sdn 012 kec. Samarinda seberang. Tujuan sekolah berbasis it 012 kecamatan samarinda sebrang adalah :

  1. Memudahkan proses belajar mengajar
  2. Mendata administrasi sekolah secara cepat dan tepat
  3. Melaksanakan ppdb tahun pembelajaran 2019/2020 secara online se kec. Samarinda seberang
  4. Koperasi sekolah secara online
  5. Mempererat kerjasama orang tua murid, guru, dan komite sekolah lewat media secara online.

Salah satu tantangan untuk memajukan dunia pendidikan dewasa ini yaitu, perlunya pembangunan jaringan pendidikan berbasis it. Yang sangat mendukung aspek transparansi pengelolaan dan informasi sekolah sekaligus memperpendek rentang kendali pengawasan sekolah.

Pembangunan jaringan pendidikan berbasis it dengan wujud pengembangan aplikasi sistim informasi integras pendidikan, akan memudahkan stakeholder pendidikan termasuk orang tua/wali murid untuk setiap saat dapat memonitoring perkembangan pendidikan anak-anak mereka.

Tinggalkan Balasan

Close Menu