Kesulitan Akses Internet, Sekolah Bisa Terapkan Pembelajaran Luring

Kesulitan Akses Internet, Sekolah Bisa Terapkan Pembelajaran Luring

Samarinda – Akses internet menjadi kunci utama pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara online, atau dalam jaringan (daring). Sayangnya harus diakui, meski menyandang status sebagai ibu kota Kaltim, masih ada sejumlah daerah yang berstatus sebagai blank spot alias tidak mampu mengakses internet.

Menanggapi kondisi tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Samarinda, Asli Nuryadin menjelaskan bahwa sekolah tetap harus memfasilitasi proses belajar mengajar.

“Misal, terpaksa harus mengadakan sekolah luring (luar jaringan) silahkan. Asal diatur dan tetap menjaga protokol kesehatan,” tutur Asli.

Asli meyakini bahwa, banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjalankan kegiatan belajar mengajar ditengah pandemi Covid-19 ini. Misalnya, dengan menyiapkan program guru kunjung. Sehingga tenaga pendidiklah yang mendatangi siswa-siswa untuk memastikan bahwa pelajar tetap terpenuhi kebutuhan belajar mereka. Siswa-siswa bisa diarahkan untuk membentuk kelompok belajar.

http://localhost/disdik/masih-digunakan-untuk-pts-disdik-samarinda-berharap-sse-bisa-dimaksimalkan/

“Jadi guru kunjung itu mengajar sejumlah siswa yang tergabung dalam kelompok belajar,” jelasnya.

Bahan ajar bisa disediakan melalui buku-buku pelajaran yang sudah disediakan sekolah melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sekolah juga diyakini sudah menyiapkan modul-modul pembelajaran yang sudah disesuaikan dengan kurikulum pendidikan.

Selain itu, materi pembelajarannya dijelaskan Asli, sebenarnya sudah tersedia melalui saluran televisi resmi milik pemerintah TVRI. Dalam siarannya, TVRI sudah membagi waktu pembelajaran sesuai dengan jenjang kelasnya masing-masing.

“Kan sudah ada khusus untuk SD kelas 1. Semuanya ada di TVRI. Jadi kalau tidak ada akses internet bisa sedikit terbantu dengan siaran TV,” pungkasnya.

[KA | NON | ADV DISDIK]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x