Dr. H. Asli Nuryadi, S.Pd, M.M. selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda membuka secara resmi Festival dan Lomba Seni siswa Nasional (FLS2N) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2019. Dalam sambutannya guna meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia yang mempunyai komptensi dalam menghadapi kompetisi  di era globalisasi, pemerintah berupaya menciptakan dan meningkatkan layanan pendidikan kepada seluruh warga negaranya melalui berbagai kegiatan, baik dalam bentuk kegiatan pembelajaran maupun pembentukan karakter bangsa

“Sebagai bagian dari kebudayaan, seni dan satra memiliki peran strategis sebagai media komunikasi dalam menyuarakan makna kehidupan. Apabila aspek budaya tersebut diberdayakan sedemikian rupa secara kontinyu, akan berdampak positif dan signifikan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” ditambahkan lagi kegiatan kesenian dalam dunia pendidikan, peserta didik akan mampu mengasah kepekaan hati dan nuraninya yang pada gilirannya nanti dapat memperluas budi pekerti dan tingkah lakunya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda mengajak para siswa yang menjadi peserta FL2SN untuk dapat menunjukkan semangat dan kemampuan terbaiknya dalam FL2SN ini. Dewan juri saya harapkan bekerja secara profesional, jujur. Peserta ini adalah anak-anak kita semua, perlakukan mereka dengan adil. Tunjukan di FL2SN ini tidak ada yang bermain mata. Berikan penilaian terbaik, sehingga yang mewakili Kota Samarinda nanti memang layak dan itulah yang terbaik,”