TRIBUNKALTIM.CO,SAMARINDA - Sejumlah pelajar SMKN 7, Jalan Aminah Syukur Samarinda Ilir tampak berada di laboratorium. Ruang ini akan menjadi tempat penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) Computer Based Test (CBT) pada 13 -16 April tingkat SMK di Samarinda, Jumat (10/4/2015).

Demi melaksanakan UN CBT, sekolah berbasis teknologi informasi di Samarinda melakukan persiapan menggunakan ruang laboratorium untuk pelaksanaan UN. Per kelas ada 40 laptop maupun personal computer (PC).

Wakil Ketua Kurikulum SMKN 7 Khairul Anam mengatakan, sebanyak 130 unit laptop dan PC dipersiapkan SMKN 7 untuk melaksanakan UN CBT.

''UN CBT diikuti 310 siswa dari jurusan IT, Teknik Komputer Jaringan (TKJ), dan Rekayasa Piranti Lunak (RPL). Para siswa akan menggunakan tiga ruang laboratorium komputer yang digunakan sebagai ruang CBT di lantai 2, yang dipersiapkan dengan masing-masing tiga komputer cadangan,'' ujarnya. (Baca: Soal UN CBT Distribusikan saat Hari Pelaksanaan)

Anam menambahkan, SMKN 7 menyiapkan genset untuk antisipasi kemungkinan jika listrik padam. ''Kami sediakan genset yang sudah lama disediakan sekolah, yang mampu menyala maksimal 10 jam,'' tambahnya.

Annur (17), murid kelas 3 TKJ  mengaku siap mengikuti UN CBT. Ia berdoa dan belajar. ''Saya tidak lupa shalat lima waktu dan berdoa serta belajar lebih intensif. Jaga stamina dan membantu kesehatan jelang UN CBT saya minum herbal,''katanya.

Sementara siswi SMKN 7, Nurul mengaku tidak banyak keluar dari rumah kecuali sekolah.''Saya hanya dibolehkan keluar rumah untuk belajar dan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Selebihnya belajar harus di rumah tidak beda jauh dengan keseharian saya sebelum UN. Untuk menjaga stamina saya makan dan minum cukup ditambah multivitamin. Saya belajar minimal tiga jam sehari. Setelah shalat Isya jam 20.00 WITA, sebelum shalat subuh, dan setelah shalat subuh,'' paparnya.(*)

http://kaltim.tribunnews.com/2015/04/10/smkn-7-siapkan-genset-40000-watt-untuk-laksanakan-un-cbt