Samarinda, 29 April 2016. Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk sekolah negeri jenjang SMP, SMA dan SMK se Kota Samarinda akan dilaksanakan secara online. Para orang tua/wali dan atau calon siswa  SMP, SMA dan SMK Negeri se-Kota Samarinda dapat melakukan pendaftaran secara online melalui perangkat teknologi informasi seperti Laptop, PC dan Smartphone selama terkoneksi internet. Untuk kegiatan PPDB ini sekolah negeri se-Kota Samarinda melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayan melakukan kerjasama dengan PT. Telkom Tbk. untuk penyediaan sistemnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr. H. Asli Nuryadin, S.Pd., MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa sistem PPDB ini akan memperbaiki kualitas pelayanan pendidikan terhadap masyarakat. Bahkan Layanan secara online ini merupakan salah satu tindak lanjut dari Visi dan Misi Kota Samarinda yaitu Smart City. Smart City sebagai salah satu bentuk program pemerintah Kota Samarinda dalam peningkatan layanan terhadap masyarakat dengan menggunakan Teknologi Informasi.

Penandatanagan Kerja Sama antara sekolah sekolah dengan PT. Telkom ini disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan didampingi Kepala Bidang Pendidikan Menengah Drs. Suar Wiguna.