Samarinda 14 April 2016. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kec. Samarinda Kota mengadakan sosialisasi hasil UKG tahun 2015 ke guru-guru Sekolag Dasar Negeri dan Swasta yang ada di wilayah Kecamatan Samarinda Kota. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri 006 Samarinda Kota. Acara ini dibuka oleh Ibu Hj. Erna selaku Kepala UPTD Samarinda Kota.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Bapak Djoko Iriandono selaku Kepala Seksi PMPTK (Peningkatan Mutu Pendidik dan Kependidikan) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda. Penyampaian sosialisasi hasil ukg tahun 2015 ini diawali dengan diputarkannya video pidata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Anis Baswedan. Dalam pidatonya Pak Menteri menyampaikan bahwa UKG jadikanlah sebagai cermin, dimana cermin ini digunakan untuk mengecek penampilan diri kita. Mengecek penampilan disini maksudnya setiap personal dapat mengecek sampai dimana kemampuan kita, jika kurang maka segera perbaiki seperti meperbaiki penamilan diri pada saat mau berangkat kerja.

 

 

 

 

 

Tujuan kegiatan ini untuk menyampaikan informasi hasil UKG tahun 2015 agar setiap guru dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi UKG tahun 2016 yang akan dilaksanakan di bulan Oktober tahun 2016. Samarinda jika hasil UKG-nya dibandingkan dengan Kab./Kota lain di Kaltim menduduki urutan ke 6 dari Kab./Kota lainnya. Guru yang sudah sertifikasi secara nasional memperoleh nilai yang lebih tinggi dibanding dengan guru yang belum sertifikasi. Guru yang berpendidikan diatas S1 memperoleh nilai UKG lebih tinggi.