thumbnail

Peresmian Perpustakaan SDN 010 Samarinda Ulu

PADA TANGGAL 23 JANUARI 2019 TELAH DILAKSANAKAN PERESMIAN  "PERPUSTAKAAN SD NEGERI 010 SAMARINDA ULU" YANG DI RESMIKAN OLEH KEPALA DINAS PENDIDIKAN KOTA SAMARINDA. ADAPUN DALAM SAMBUTAN KEPALA DINAS "KITA MENYADARI BAHWA SEKARANG INI BANGSA KITA SEDANG BERADA DALAM MASA PERKEMBANGAN DAN PEMBANGNAN DIMANA BANYAK SEKALI TERJADI PEMBANGUNAN-PEMBANGUNAN DISETIAP SEKTOR YANG SEDANG GENCAR DILAKUKAN OLEH PEMERINTAH, DEMI TERWUJUTNYA BANGSA INDONESIA  YANG MAJU TERMASUK JUGA HALNYA DALAM MEMAJUKAN SUMBER DAYA MANUSIA KITA, KARNA APABILA SUMBER DAYA MANUSIA KITA TIDAK KUNJUNG MAJU MAKA SUATU BANGSA YANG MAJU AMATLAH SULIT UNTUK DICAPAI.

SEHUBUNAGN DENGAN PENCAPAIAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG MAJU DAN CERDAS TERSEBUT PEMERINTAH TELAH MELAKUKAN BANYAK SEKALI PROGGRAM-PROGRAM PERBAIKAN KHUSUSNYA DALAM BIDANG PENDIDIKAN KARENA MELALUI PENDIDIKAN LAH SUMBERDAYA MANUSIA YANG MAJU DAPAT TERWUJUT. SALAH SATU LANGKAH PEMERINTAH DALAM RANGKA MENCERDASKAN BANGSANYA ADALAH DENGAN MEMBUKA PERPUSTAKAAN, PERPUSTAKAAN INI IALAH TAMANYA DARI BERBAGAI MACAM ILMU PENGETAHUAN YANG TERTATA RAPI DI DALAM BUKU-BUKU YANG YERPAJANG DENGAN INDAH DI PERPUSTAKAAN, OLEH KARENA ITU UNTUK MEMBUKA WAWASAN KITA DAN UMTUK MEMPEROLEH PENGETAHUAN SUDAH SEPATUTNYA KITA GEMAR MEMBACA DAN  KEPERPUSTAKAAN 

NAMUN PADA KENYATAANYA AMATLAH SANGAT SEDIKIT ORANG YANG MENYADARI AKAN PENTINGNYA PERPUSTAKAAN DAN HANYA SEGELINTIR ORANG YANG MENADARI AKAN PENTINGNYA MEMBACA, TENTUNYA HAL INI SUDAHLAH CUKUP MEMBUKTIKAN BAHWA MINAT MEMBACA SANGATLAH MINIM SEHINGGA UPAYA MENCERDASKAN BANGSA MELALUI MEMBACA TENTUNYA AKAN TERHAMBAT. 

SANGATLAH DISAYANGKAN APABILA KITA MENYIA-NYIKAN BEGITU SAJA FASILITAS YANG TELAH TERSEDIA UNTUK SEKARANG INI “PERPUSTAKAAN” SESUNGGUHNYA SEMAKIN BANYAK KITA MEMBACA MAKA SEMAKIN BANYAK PULA ILMU PENGETAHUAN YANG BISA KITA DAPATKAN. OLEH KARENA ITU SUATU TINDAKAN YANG SANGATLAH KELIRU JIKA KITA TIDAK MENANAMKAN BUDAYA MEMBACA. ADAPUN MANFAAT DAN PENTINGNYA MEMBACA YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN YAITU SEBAGAI BERIKUT :

1.    MEMBACA DAPAT MEMPERLUAS WAWASAN DAN PENGETAHUAN KITA TERHADAP SUATU HAL;

2.    MENINGKATKAN DAYA KONSENTRASI DARI OTAK KITA;

3.    KARENA DALAM MEMBACA KITA DITUNTUT UNTUK BERKONSENTRASI AGAR PIKIRAN KITA DAPAT;

4.    TERFOKUS DENGAN MATERI YANG KITA BACA SEHINGGA MATERI YANG KITA BACA DAPAT DISERAP OLEH OTAK KITA;

5.    MENINGKATKAN KEMAMPUAN KITA DALAM BERBICARA YANG BAIK DAN BENAR, KARENA DIBUTUHKAN METODE, KOSAKATA YANG BISA KITA DAPATKAN MELALUI MEMBACA;

6.    MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAYA INGAT DARI OTAK KITA, KARENA DENGAN MEMBACA OTAK KITA BERUSAHA MENGINGAT APA YANG TELAH KITA BACA; DAN

7.  MENGETAHUI PERKEMBANGAN ZAMAN, KARENA KITA DAPAT MEMBANDINGKAN KENYATAAN YANG TERJADI DI SEKITAR KITA DENGAN MATERI YANG TERDAPAT DALAM BACAAN TERSEBUT CONTOHNYA MELALUI KORAN.

SEHINGGA DAPAT SAYA SIMPULKAN BAHWA MEMBACA TENTUNYA DAPAT MENINGKATKAN KECERDASAN KITA APABILA KITA SELALU MELATIH MEMBACA SECARA TERUS MENERUS. 

MELIHAT BEGITU BANYAKNYA MANFAAT YANG BISA KITA DAPATKAN MELALUI MEMBACA TENTU SUDAH SEPATUTNYA KITA MEREALISASIKAN SLOGAN “TIADA HARI TANPA MEMBACA” DAN “MENUJU GEMAR KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN” SEHINGGA SLOGAN INI TIDAKLAH LAGI SEKEDAR SLOGAN YANG HANYA TERUS MENERUS DIDENGUNGKAN, MELAINKAN SEMBAGAI IMBAUAN YANG BERNILAI LEBIH DAN HARUS DI REALISASIKAN. 

MARILAH KITA NIATKAN DAN SERUKAN PADA DIRI KITA SENDIRI UNTUK BERPERAN AKTIF DALAM USAHA MENCERDASKAN BANGSA MELALUI GEMAR MEMBACA PERPUSTAKAAN. DEMI TERWUJUDNYA SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS MAKA MARILAH KITA BUDAYAKAN MEMBACA PADA DIRI KITA SENDIRI SEDINI MUNGKIN.

 

 

24 Jan 2019 | 04:47 AM

Daftar Berita